Tolong UMKM, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Mengajak Warga Suka Berbelanja di Pasar Tradisionil

Tolong UMKM, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Mengajak Warga Suka Berbelanja di Pasar Tradisional

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan ajak warga Kebumen untuk suka berbelanja di pasar tradisionil. Selain harga tambah murah dari beberapa pasar kekinian, pasar tradisionil ialah pusat dari ekonomi warga. Hal itu dikatakan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat lakukan lawatan kerja di Kabupaten Kebumen,

Di kesempatan itu, Mendag meluangkan diri untuk mengevaluasi Pasar Tumenggungan dan berbelanja beras dan minyak sayur untuk dikasih ke pengunjung. “Saya ajak warga di mana juga ada ayuk berbelanja ke pasar tradisionil. Harganya yang murah sekalian menolong beberapa UMKM supaya dapat semakin maju berkembang,” tutur Zulkifli. Sekarang ini, kata Zulkifli, pasar juga makin maju servicenya. Beberapa pasar rakyat telah banyak yang lakukan transaksi bisnis pembelian lewat cara online, marketplace. Selanjutnya, Pemkab Kebumen juga merapkan program Simbok (Mekanisme Info Keperluan Dasar).

“Disana kelak kedapatan, keperluan primer harga berapakah, itu ada semua daftarnya, tiap hari dapat terlihat,” jelasnya. Lawatan ini, kata Mendag untuk pastikan harga keperluan primer teratasi. Bila terjadi kenaikan harga, pemda atau pusat dapat lakukan bantuan pangan. “Kami juga mensubsidi harga kedelai dan jagung. Kelak kedelai akan turun harga akhir Desember. Menurun menjadi Rp10 ribu,” ujarnya. Pemerintahan Kabupaten Kebumen sudah memberi coupon sekitar 2.200 coupon untuk dibagi ke warga. Dengan coupon itu warga langsung bisa berbelanja di pasar dengan nilai berbelanja per coupon sejumlah Rp10 ribu. “Ini sama sesuai instruksi dari Pak Menteri supaya suka berbelanja di pasar tradisionil, barusan kita telah beri 2.200 coupon untuk warga, mereka langsung bisa berbelanja di pasar, per coupon nilai gantinya Rp10 ribu, keseluruhan coupon yang kita beri itu nominalnya ada Rp22 juta,” terang Bupati Kebumen Bijak Sugiyanto saat turut menemani Menteri Perdagangan.

Menurut Bijak, hingga kini stock keperluan primer di Kabupaten Kebumen masih terpenuhi, harga juga masih lumayan teratasi, walau dianggap beberapa ada yang naik. “Untuk harga keperluan primer masih konstan, cukup teratasi walau ada banyak harga yang naik. Berita baiknya kata Pak Menteri harga kedelai tahun akhir akan turun,” pungkasnya.

 

Check Also

24 KK Tergusur Project Sodetan Kali Ciliwung, Dipindah ke Rusun dengan Pola Sewa

24 KK Tergusur Project Sodetan Kali Ciliwung, Dipindah ke Rusun dengan Pola Sewa Pemerintah provinsi …