Mulai Ramai, Jumlah Gerakan Penumpang di Bandara Angkasa Pura II Naik 27 %

Mulai Ramai, Jumlah Gerakan Penumpang di Bandara Angkasa Pura II Naik 27 %

PT Angkasa Pura II aktifkan Posko Pantauan Natal dan Tahun Baru 2022/2023 mulai 19 Desember 2022 sampai 3 Januari 2023 di 20 bandara yang diatur perusahaan plat merah itu.

Pada hari awal pantauan yaitu 19 Desember 2022 (H-6 Natal), terdaftar ada kenaikan jalan raya penerbangan cukup berarti di 20 bandara AP II sekitaran 27 % dibanding dengan masa sama tahun kemarin.

Berdasar data posko, jumlah gerakan penumpang pada 19 Desember 2022 di 20 bandara AP II (data per 20 Desember jam 11.09 WIB) secara kumulatif terdaftar 212.942 orang atau bertambah sekitaran 27 % dibanding masa yang serupa tahun kemarin 168.011 orang. Dalam pada itu, jumlah penerbangan bertambah sekitaran 20 % jadi 1.674 penerbangan.

Khusus di Bandara Soekarno-Hatta, gerakan penumpang capai 132.548 orang atau naik 27 % dari awal sebelumnya 104.601 orang, dan jumlah penerbangan sekitar 938 penerbangan atau bertambah 13 % dibanding awalnya 787 penerbangan.

President Director AP II Muhammad Awaluddin menjelaskan Posko Nataru bandara AP II mempunyai key performnce indicator (KPI) di tempat operasional dan servis.

“KPI dari Posko Nataru di semua bandara AP II ialah jaga supaya standard di tempat operasional dan servis di tengah-tengah bertambahnya jalan raya penerbangan ini selalu terlindungi. Posko Nataru untuk jaga performa sumber daya manusia (people), infrastruktur disebelah udara dan darat (facilities) dan berjalannya beragam proses (process),”katanya.

Menurut Awaluddin, posko di bandara AP II mempunyai tiga tugas utama. Pertama sebagai posko pantauan dan pengecekan buat pastikan faktor keamanan, keselamatan, servis dan kesehatan bisa berjalan dengan baik.

Ke-2 sebagai posko pantauan data untuk menyaksikan trend jalan raya penerbangan tiap hari, dan tugas ke-3 ialah posko mempersiapkan beragam cara mitigasi untuk menahan dan tangani keadaan yang bisa mengusik servis dan operasional bandara. “Lewat data dari posko kami dapat menyaksikan jalan raya penerbangan secara
langsung.”

Director of Operation AP II Muhamad Wasid menjelaskan posko dapat pastikan operasional penerbangan di masa Nataru bisa berjalan mulus di tengah-tengah tingginya traffic.

“Posko Pantauan Nataru di Bandara Soekarno-Hatta diperkokoh Airport Operation Kontrol Center (AOCC) untuk memberikan dukungan operasional bandara dan penerbangan, dan Airport Infrastructure Kontrol Center (AICC) buat mengawasi fasilitas dan mekanisme utilitas bandara,” tutur Muhamad Wasid.

Selain itu, Bandara Soekarno-Hatta menyiagakan Emergensi Operation Center (EOC) yang berada di dalam gedung AOCC. EOC cuma diaktifkan bila ada kondisi genting, sebagai pusat instruksi untuk stakeholder bandara dalam ambil peraturan buat penanggulangan kondisi genting.

EOC diperkokoh Mobile Command Post (MCP) sebagai pos instruksi bergerak buat memberi respon cepat jika ada satu kondisi genting.

Adapun jalan raya penerbangan di bandara AP II diprediksi terus akan dalam trend peningkatan sampai pada pucuknya di tanggal 23 Desember 2022 (H-2 Natal).

Scroll to Top