Liburan Natal dan Tahun Baru, Ada Robot Bella Layani Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta dan Kualanamu

Liburan Natal dan Tahun Baru, Ada Robot Bella Layani Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta dan Kualanamu

PT Angkasa Pura II (Persero) mengenalkan robot pelayan namanya Robot Bella ke pelaku wisata atau pelancong di Bandara Soekarno-Hatta (Banten) dan Bandara Kualanamu (Deli Serdang).

“Robot pelayan yang dinamakan Bella itu bisa berhubungan langsung dengan pelancong dan bekerja layani sejauh masa peak season angkutan Natal dan Tahun Baru pada 19 Desember 2022 sampai 3 Januari 2023,” tutur Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin.

Menurut Awaluddin, ada dua unit robot Bella yang didatangkan di tengah-tengah masa angkutan Natal dan Tahun Baru. Satu unit dikenalkan di Bandara Soekarno-Hatta, dan satu unit yang lain berada di Bandara Kualanamu.

“Kedatangan Bella ini jadi satu cara maju untuk AP II dalam menerapkan teknologi robot dalam layani pelancong,” kata Awaluddin.

Di Bandara Soekarno-Hatta, Bella bekerja secara berganti-gantian di boarding lounge Terminal 3 (domestik dan internasional) dan Terminal 2. Di Terminal 1, robot ini berkeliling-keliling menegur wisatawan, dan membagi camilan, minuman dan hand sanitizer dengan gratis.

Tugas Bella juga sama di Bandara Kualanamu yaitu menegur pelancong dan membagi minuman dan makanan enteng dan hand sanitizer ke pelancong di boarding lounge keberangkatan domestik dan internasional.

Awaluddin menjelaskan, kedatangan Bella di tengah-tengah beberapa wisatawan sebagai salah satunya usaha perseroan untuk secara terus-menerus mendatangkan servis berbasiskan teknologi dan berkualitas dunia.

“Robot Bella kami harap dapat melipur pelancong di tengah-tengah peak season liburan Natal dan Tahun Baru. Kedatangan robot Bella sebagai service khusus sepanjang masa angkutan Nataru untuk membuat konsumen experiences yang bagus, dan sekalian sebagai animo dari AP II pada pelancong,” tutur Awaluddin.

Adapun operasional Bella dipantau oleh PT Angkasa Pura Jalan keluar (APS) yang disebut anak usaha dari AP II. Direktur Utama APS Dorma Manalu menjelaskan robot Bella bisa bekerja optimal 6 – 8 jam setiap hari.

“Robot Bella bisa bergerak secara berdikari atau autonomous (otonom) dalam berkeliling-keliling menegur pelancong. Bella diperlengkapi dengan sensor dan camera 360 derajat untuk berhubungan langsung dengan konsumen setia,” tutur Dorma.

Robot Bella ini lengkapi barisan robot yang sudah dioperasionalkan di Bandara Soekarno-Hatta seperti robot pencuci lantai (robotic scrubber drier), baggage towing tractor, robot DiLo, dan transportasi khalayak yang dapat dioperasionalkan secara otonom yaitu Skytrain buat menyambungkan tiap terminal di bandara.

 

Scroll to Top