Jalur Puncak Bogor Kembali Dibuka untuk 2 Arah

Jalur Puncak Bogor Kembali Dibuka untuk 2 Arah

Kepolisian Resort (Polres) Bogor buka Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat untuk dua arah, sesudah mengaplikasikan eksperimen lalu lintas berbentuk mekanisme satu arah atau one way ke arah Jakarta.

Di antara merilis, di Jalur Puncak Bogor, kendaraan telah diperbolehkan lewat ke Puncak start pukul 17.15 WIB.

Satuan Lalu Lintas Polres Bogor sempat mengaplikasikan one way ke arah Jakarta semenjak jam 12.00 WIB, untuk mengurai kepadatan kendaraan di Jalur Puncak.

Sekarang, jumlah titik kepadatan kendaraan di Jalur Puncak mulai menyusut.

Beberapa wilayah yang terlihat barisan kendaraan, yakni di Simpang Taman Safari Indonesia (TSI) arah Jakarta, di Taman Wisata Matahari (TWM) arah Jakarta, dan di Simpang Pasir Angin arah Jakarta.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin di Pos Servis Terintegrasi Gadog mengatakan korps-nya telah meramalkan ini hari sebagai puncak arus balik beberapa wisatawan yang bertandang ke kawasan Puncak.

“Telah dipersiapkan eksperimen, kami telah meramalkan di penerapan paling akhir ada kepadatan ke arah Jakarta,” kata Iman.

Menurutnya, untuk mengurai kepadatan di Jalur Puncak, Satlantas Polres Bogor mempersiapkan pilihan untuk mengaplikasikan mekanisme one way 2x semakin lama dari umumnya.

“Bahkan juga dapat 2x one way ke Jakarta bergantung keadaan Puncak,” katanya juga.

2.500 Personel Kombinasi
Iman menerangkan jika sekitar 2.500 personel kombinasi diikutsertakan untuk penyelamatan sepanjang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Operasi Lilin 2022 dilaksanakan dalam rencana penyelamatan Natal dan tahun baru memulai dari 22 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023,” kata Iman.

Dia mengatakan, forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) setuju akan tempatkan 2.500 personel itu di 15 posko penyelamatan yang lokasinya di pusat-pusat keramaian.

Iman menjelaskan, posko utama Operasi Lilin Lodaya yakni di Mako Polres Bogor, selanjutnya bekasnya yakni di Simpang Gadog, Ciawi, Megamendung, Cisarua, Kangen Alam, Cijeruk, Babakanmadang, Sukaraja, Cibinong, Citereup, Gunungputri, Cileungsi, Jonggol, Ciampea, Parung dan Parungpanjang.

 

Scroll to Top