Gerindra Claim "Konsolidasi Lebaran Berbahagia" Berisi PDI-P-Gerindra-PKB-PPP Dapat Tercipta

Gerindra Claim “Konsolidasi Lebaran Berbahagia” Berisi PDI-P-Gerindra-PKB-PPP Dapat Tercipta

Gerindra Claim “Konsolidasi Lebaran Berbahagia” Berisi PDI-P-Gerindra-PKB-PPP Dapat Tercipta

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengeklaim Konsolidasi Lebaran Berbahagia berisi elite PDI-P-Gerindra-PKB-PPP bisa jadi terlaksana jadi konsolidasi untuk Pemilihan presiden 2024.

Habiburokhman tidak menolak jika tatap muka antara elite Konsolidasi Lebaran Berbahagia itu memanglah tidak resmi.

Namun, dianya mengharap konsolidasi Gerindra-PKB dapat jadi membesar karena ada tambahan partai yang tergabung.

Adapun tatap muka Konsolidasi Lebaran Berbahagia itu didatangi oleh Habiburokhman, Ketua DPP PDI-P Djarot Saiful Hidayat, Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal, dan Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani.

“Jika kami, Gerindra, jika disebutkan misalkan koalisinya jadi membesar, kan Gerindra, ada Pak Cucun PKB, ada Pak Arsul PPP, ada Pak Djarot PDI-P, pasti kita aminkan, siapa yang tahu dapat betulan peristiwa. Dari yang tidak terlampau official, penuh kondisinya ya tidak terlampau resmi, dapat peristiwa betulan konsolidasi,” tutur Habiburokhman saat dijumpai di Gedung DPR, Senayan, Selasa (14/3/2023).

Habiburokhman menerangkan, semestinya tatap muka Konsolidasi Lebaran Berbahagia itu didatangi oleh ketua umum masing-masing partai.

Namun, beberapa ketua umum partai ada halangan datang, hingga diwakilkan oleh beberapa nama yang telah disebut sebelumnya.

Habiburokhman memperjelas jika tatap muka Konsolidasi Lebaran Berbahagia ini bukanlah sekedar tatap muka biasa.

Masalahnya dalam tatap muka itu, ada beberapa hal vital yang beberapa elite ulas.

“Jadi bukan sekedar tatap muka biasa ya, yang seperti di DPR kemampuan kami sebagai wakil partai. Dan pasti kita bahas ada beberapa hal vital , sekalian ikuti jadwal resmi yang kemungkinan secara detil tidak dapat kita berikan,” katanya.

Walau demikian, bila Konsolidasi Lebaran Berbahagia pada akhirannya tidak terlaksana, Habiburokhman akui tidak jadi masalah.

Yang paling penting, katanya, bersilahturahmi antara partai selalu terlindungi.

“Kita ini kan berteman semua. Apa lagi untuk Gerindra, semua partai politik berteman. Dan usaha Gerindra-PKB bagaimana dapat membesarkan konsolidasi ini. Siapa yang tahu sich hasilnya bagus, ya kita meminta sich diamini saja jika partai-partai sama-sama berjumpa dalam situasi guyub, rukun, damai . Maka tidak maka diakhirnya kan yang perlu silaturahimnya terjaga,” terang Habiburokhman.

“Hingga jika toh pada akhirnya berkontestasi, pada kondisi kenyamanannya itu kontestasi ide, bukan kontestasi yang memunculkan pertentangan yang antagonis. Ngerinya kan ini kebawa ke grassroot,” tambahnya.

Dalam pada itu, Habiburokhman mengaku jika Konsolidasi Lebaran Berbahagia ini mengulas berkenaan figur calon presiden tertentu.

Ia malas memaparkan siapa figur yang diartikan. Tetapi, yang jelas, figur itu berprofil tinggi.

“Tetapi menggelinding lah, ini komunikasi terus kami menjaga, jadi terus buka hati kita ini. Yang terang, jika kita dengan PKB, kan tidak tergoyahkan. Yang kemungkinan itu (konsolidasi) jadi membesar. Jika buyar, kita tidak menyusul takdir, insyaallah tidak,” tambah Habiburokhman.

Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani mengupload photo bersama elite PDI-P, Partai Gerindra, dan Partai Kebangunan Bangsa (PKB).

Lewat upload di account Instagram kepunyaannya, @arsul_sani_af, anggota Komisi III DPR itu memperlihatkan peristiwa kebersama-samaan bersama Ketua DPP PDI-P Djarot Saiful Hidayat, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman, dan Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal.

“Konsolidasi Lebaran Berbahagia (KLB),” bunyi info dalam upload itu.

Kompas.com sudah mendapatkan ijin Arsul untuk mencuplik uploadnya itu, Senin (13/3/2023).

Menyikapi upload itu, Ketua DPP PKB Daniel Johan memandang, photo itu memperlihatkan hubungan elite ke-4 partai politik itu.

“Kami memang biasa kok dalam situasi dekat, dan kerja-sama semacam ini. Khususnya kerja-kerja di DPR kan hal yang umum,” tutur Daniel dikontak Kompas.com.

Dia mengatakan tidak ada yang perlu dipermasalahkan atas upload itu, walau ke-4 partai politik terlihat belum mempunyai persetujuan bersama untuk hadapi Pemilu 2024.

Adapun, PDI-P belum tentukan konsolidasi, sementara PPP telah tergabung dengan Konsolidasi Indonesia Berpadu (KIB) bersama Partai Instruksi Nasional (PAN), dan Partai Golkar.

Dan, PKB sudah membuat konsolidasi bersama Partai Gerindra.

“Walau berbeda opsi, dan berbeda partai, tidak merintangi untuk sama-sama perkuat dalam kebutuhan masyarakat, dan bangsa,” sebut ia.

Paling akhir, Daniel mengatakan upload itu tidak lalu memperlihatkan keempatnya akan membuat konsolidasi atau kerja-sama menjelang Penyeleksian Presiden (Pemilihan presiden) 2024.

“Belum mengetahui (akan bekerja perbedaan) karena masing-masing telah mempunyai konsolidasi. Minimal ini wujud komunikasi antara konsolidasi yang perlu dilaksanakan,” tambah ia.

Check Also

Puan Sebutkan DPR Memiliki komitmen Selekasnya Ulas RUU PPRT bersama Pemerintahan

Puan Sebutkan DPR Memiliki komitmen Selekasnya Ulas RUU PPRT bersama Pemerintahan

Puan Sebutkan DPR Memiliki komitmen Selekasnya Ulas RUU PPRT bersama Pemerintahan Ketua DPR Puan Maharani …