Diguyur Hujan , 4 RT di Jakarta Banjir sampai Dengan tinggi 50 Cm

Diguyur Hujan , 4 RT di Jakarta Banjir sampai Dengan tinggi 50 Cm

Hujan sedang sampai lebat yang mengguyuri beberapa daerah DKI Jakarta, mengakibatkan banjir dan kubangan air di sejumlah titik.

Berdasar laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta yang diperbarui pada jam 18.00 WIB, ada 4 RT yang tergenang banjir dengan ketinggian optimal capai 50 cm.

“BPBD menulis kubangan yang awalnya terjadi di 2 RT, sekarang ini jadi 4 RT atau 0,013 % dari 30.470 RT yang berada di daerah DKI Jakarta,” kata Kepala Unit Eksekutor Data Pusdatin BPBD DKI Michael Sitanggang dalam info resminya.

Adapun daerah yang tergenangi banjir ialah:

– 1 RT di Kelurahan Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan dengan ketinggian capai 50 cm.

– 3 RT di Kelurahan Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur dengan ketinggian capai 50 cm.

Sementara daerah yang sampat tergenangi dan sekarang telah kering yaitu 5 RT di Kelurahan Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

BPBD DKI sudah lakukan beragam usaha pengatasan banjir dengan kerahkan personil untuk memantau keadaan kubangan setiap daerah.

Disamping itu, BPBD DKI sudah bekerjasama dengan unsur dinas berkaitan seperti Dinas Sumber Daya Air (SDA), Dinas Bina Marga, dan Dinas Gulkarmat.

Dinas-dinas dipersiapkan untuk lakukan penghisapan kubangan dan pastikan tali-tali air berperan secara baik bersama dengan beberapa lurah dan camat di tempat.

“Kubangan ditarget untuk kering dalam sekejap,” kata Michael.

Layanan Genting

Walau begitu, BPBD DKI Jakarta menghimbau ke masyarakat supaya masih tetap waspada dan siaga pada kekuatan kubangan.

“Pada kondisi genting, selekasnya kontak nomor telephone 112. Layanan ini gratis dan bekerja sepanjang 24 jam nonstop,” katanya.

Scroll to Top