Dampak Kebakaran Kemenkumham, Karyawan Pulang Cepat dan Tahanan Dipindah

Dampak Kebakaran Kemenkumham, Karyawan Pulang Cepat dan Tahanan Dipindah

Semua karyawan dipulangkan lebih cepat susul kejadian kebakaran yang terjadi di lantai 5 Gedung Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan,

Hak itu dikatakan Koordinator Humas Setjen Kemenkumham Tubagus Erif Faturahman. Ia menjelaskan, semua karyawan sudah dievakuasi keluar gedung. Juga begitu, dengan tahanan yang ada di Rutan Imigrasi.

Sekarang ini, semua tahanan dipindah ke Rutan Imigrasi di Kalideres, Jakarta Barat.

“Demikian ada info kebakaran, semua diminta keluar dan untuk saat ini kemungkinan pada sebuah ini hari, akan dipulangkan lebih dulu yang bekerja di Gedung Sentral Mulia ini,” katanya ke reporter,

Erif menjelaskan, kejadian kebakaran tidaklah sampai makan korban jiwa. Tetapi, ada seseorang yang alami cedera enteng.

“Tidak ada korban jiwa. Ada yang cedera waktu petugas karyawan kita waktu pertama kalinya pecahkan kaca untuk lakukan pemadaman api,” tutur ia.

Sekarang ini, kata Erif, api telah sukses dipadamkan. Pihaknya tidak dapat pastikan pemicu kebakaran karena masih perlu penyidikan selanjutnya.

“Sesudah aman untuk dimasuki, baru kelak dilaksanakan pemeiksaan. Dari sana dapat dijumpai kurang lebih apa pemicunya,” tutur ia.

Diperhitungkan Karena Korsleting Listrik

Kepala Seksi Operasional (Kasie Ops) Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Pengamanan (Gulkarmat) Jakarta Selatan, Sugeng menjelaskan, pemicu kebakaran Gedung Kemenkumham diperhitungkan karena jalinan arus pendek listrik.

“Sangkaan pemicu kebakaran itu korsleting listrik,” kata Sugeng,

Sugeng menjelaskan, kebakaran pertama kalinya dijumpai dengan seorang penghuni gedung. Bersama dengan sekuriti, ia juga usaha mematikan.

“Karena asap makin tebal, lalu pengurus gedung mengontak Damkar Jakarta Selatan,” tutur ia.

Sugeng menjelaskan, sumber api diperhitungkan datang dari Gudang Centra Mulya lantai 5.

Sebagai info, itu sebagai tempat penyelewengan barang peralatan sekjen untuk acara kegiatan di Gedung Kemenkumham.

“Yang terbakar itu info di lantai lima gudang. Gudang administrasi sekretariat,” tutur ia.

Sugeng menjelaskan, sekitar 26 unit dengan keseluruhan 130 personel dikeluarkan ke lokasi buat mematikan api. Sekarang ini, api telah sukses dijinakkan.

“Sekarang ini sedang dilaksanakan untuk pendinginan, api tidak ada tinggal asap saja. Tetapi kita harus pastikan tidak ada penjalaran kembali,” tutur ia.

Sugeng pastikan, tidak korban jiwa atau cedera dalam peristiwa itu. Beberapa karyawan telah dievakuasi demikian kebakaran terjadi.

“Alhamdulillah sampai selama ini tidak ada info tentang ada korban jiwa. Semuanya sudah steril,” tutur ia.

Check Also

24 KK Tergusur Project Sodetan Kali Ciliwung, Dipindah ke Rusun dengan Pola Sewa

24 KK Tergusur Project Sodetan Kali Ciliwung, Dipindah ke Rusun dengan Pola Sewa Pemerintah provinsi …