Beberapa puluh Ribu Pelajar di Bandung Belajar dalam Zone Bahaya Sesar Lembang, Sekolahnya Tahan Gempa?

Beberapa puluh Ribu Pelajar di Bandung Belajar dalam Zone Bahaya Sesar Lembang, Sekolahnya Tahan Gempa?

Sesar Lembang menghampar dari wilayah Padalarang, Kabupaten Bandung Barat sampai Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Disekitaran Sesar Lembang, ada beberapa pemukiman masyarakat sampai sarana pengajaran seperti universitas sekolah dan perguruan tinggi.

Di Kabupaten Bandung Barat, ada sekitar 93 bangunan sekolah yang masuk zone bahaya riskan gempa bumi tektonik karena Sesar Lembang.

Berdasar perincian BPBD di tempat, ada 93 sekolah yang digolongkan masuk zone bahaya karena ada pada jarak 1 km dari garis Sesar Lembang.

Rinciannya, 55 sekolah menengah pertama (SMP), 13 sekolah menengah atas (SMA), dan 2 sekolah hebat (SLB).

Memberi respon hal tersebut, Dinas Pengajaran (Disdik) Bandung Barat akan bekerjasama dengan BPBD untuk menguraikan sekolah mana yang masuk zone bahaya. Sesudah kantongi data itu, Disdik akan mengevaluasi keadaan di atas lapangan.

“Saya akan bekerjasama dengan BPBD untuk memperoleh info, sekolah mana yang masuk pada zone bahaya sesar Lembang,” kata Kepala Disdik Bandung Barat Asep Dendih lewat Plt Sekdis, Dadang Sapardan,

Sesudah kantongi data dan mengevaluasi lokasi sekolah itu, faksinya akan merangkum beberapa langkah vital, khususnya pengetahuan mitigasi untuk semua elemen di sekolah.

“Data itu akan jadi material dasar peraturan, khususnya yang paling menekan berkaitan dengan pemberian pengetahuan mitigasi musibah ke ekosistem sekolah,” jelas Dadang.

Menurut Dadang, pelajar, guru, dan staff non pendidik di sekolah harus mempunyai kesiagaan dan cara pengamanan ketika gempa bumi tiba. Agar resiko musibah dapat didesak.

“Menahan peristiwa gempa bumi itu mustahil, tetapi yang dapat kita kerjakan ialah kurangi efeknya supaya kecil,” pungkas Dadang.

Dijumpai, sesar Lembang mempunyai panjang sekitaran 29 km menghampar dari Padalarang sampai Jatinangor. Sesar ini terdiri jadi dua fragmen, yaitu Fragmen barat dan Fragmen timur hingga gempa yang disebabkan mempunyai rasio yang berbeda.

Beberapa pakar meramalkan kemampuan gempa sesar Lembang dapat capai lebih dari magnitudo 5. Karena gempa ini, BPBD sudah mengestimasi rugi kerusakan bangunan capai Rp 4 triliun lebih.

Disamping itu, BPBD menulis 20 dusun di 4 kecamatan Bandung Barat masuk zone bahaya. Adapun keseluruhan warga yang diprediksikan terkena bahaya diprediksi capai 155.383 orang, dengan keseluruhan warga yang diprediksikan terkena bahaya diprediksi capai 155.383 orang.

 

Check Also

24 KK Tergusur Project Sodetan Kali Ciliwung, Dipindah ke Rusun dengan Pola Sewa

24 KK Tergusur Project Sodetan Kali Ciliwung, Dipindah ke Rusun dengan Pola Sewa Pemerintah provinsi …