Banjir Libas Kemang Utara 9, Lalu lintas Macet Kronis

Banjir Libas Kemang Utara 9, Lalu lintas Macet Kronis

Banjir terjang Pasar Warung Buncit, Jalan Kemang Utara 9, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Pemicu diperhitungkan karena hujan lebat dibarengi peningkatan debet air Kali Mampang.

“Itu karena debet air Kali Mampang tinggi,” kata Lurah Bangka, Firdaus saat dikontak.

Firdaus menyebutkan, kawasan Kemang Utara 9 mulai tergenangi semenjak jam 16.30 WIB. Awalannya tinggi air capai 70 cm.. Tetapi, hingga kini perlahan-lahan kering.

“Saat ini tergenangi dengan tinggi 30 cm hingga tidak bisa dilewati oleh kendaraan beroda 2 dan beroda 4,” sebut ia.

Firdaus menjelaskan banjir berpengaruh pada keadaan arus lalu lintas hingga sempat dilaksanakan penutupan. Ada juga jalur penutupan dari pertigaan Kemang Utara 9 ke arah Pasar Buncit atau dari Jalan Warung Buncit.

“Memang daerah ini sering terjadi saat selanjutnya debet Kali Mampang tinggi. Sering terjadi kubangan sekitar di antara 20 cm, 70 cm saat tidak dapat dilalui kendaraan karena itu kami lakukan blokade jalan,” tutur Firdaus.

Firdaus menjelaskan, batas jalan Kemang Utara bisa dilewati. Tetapi, terjadi kemacetan di jalan Kemang Utara.

“Selama ini jalan kemang utara jadi macet,” tutur ia.

Berkaitan ini, Firdaus memandang Pemerintahan Propinsi dipandang perlu lakukan interferensi untuk menahan banjir di kawasan tersebit.

“Ditingkat Pemrov beberapa langkah yang dapat diaplikasikan misalkan membuat embung atau normalisasi Kali Mampang atau sejenisnya,” terang ia.

Kekuatan Banjir Rob Jakarta, Heru Budi Meminta Warga Lihat Anjuran BMKG
Dalam pada itu, Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono minta supaya warga selalu mengawasi perubahan keadaan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Masalahnya DKI Jakarta mempunyai potensi dirundung banjir Rob di kawasan pesisir sampai 10 Januari 2023 kedepan.

“BMKG telah mengingatkan beberapa daerah yang di pesisir pantai, ada beberapa lokasi. Kelak dibaca beberapa lokasi mana di antara 3-10, tentu saja Pemda saya minta dengan warga selalu membaca anjuran BMKG,” kata Heru di Pool DBM Alkal Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur.

Heru menjelaskan Pemerintahan Propinsi (Pemerintah provinsi) DKI Jakarta sudah mempersiapkan pompa di sejumlah titik kubangan banjir untuk hadapi kekuatan banjir Rob.

“Berkaitan persiapannya pasti kami telah persiapkan beberapa pompa yang telah standby,” kata Heru.

Dalam pada itu, Pendamping Pembangunan dan Lingkungan Hidup Setda DKI Jakarta Afan Adriansyah menerangkan jika pada konsepnya pengatasan banjir Rob sama dengan pengatasan banjir lokal yang terjadi di Ibu Kota. Afan menyebutkan tim pengaturan banjir di atas lapangan telah lakukan publikasi ke warga.

“Jadi barusan berkaitan pengatasan Rob, ini sama dengan pengatasan banjir dari hulu atau dan lokal, menjadi petugas kita dari BPBD ini telah menginfokan ke kawan-kawan wilayah, dan dari kawan-kawan wilayah itu juga menginfokan ke warga yang terimbas untuk bersiap-sedia. semuanya sudah komplet semua,” terang ia.

Peristiwa Bulan Purnama
Peristiwa bulan purnama (full moon) pada 6 Januari 2023 diterangkan mempunyai potensi tingkatkan ketinggian pasang air laut maksimal.

Disamping itu, berdasar pengamatan data water tingkat dan perkiraan pasang kering, banjir rob mempunyai potensi terjadi di sejumlah wilayah pesisir Indonesia, salah satunya pesisir utara DKI Jakarta.

“Warga disarankan selalu untuk siaga dan waspada untuk memperhitungkan imbas dari pasang maksimal air laut,” kata BPBD DKI Jakarta.

Oleh karenanya, warga di wilayah pesisir utara Jakarta disuruh untuk mengawasi info terbaru berkenaan gelombang air laut pada lamanbpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut.

 

Scroll to Top