Awasi Imlek 2023, Kapolda Metro Jaya Kunjungi Kelenteng Paling tua di Tangerang

Awasi Imlek 2023, Kapolda Metro Jaya Kunjungi Kelenteng Paling tua di Tangerang

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Fadil Imran untuk berkunjung Vihara Boen Tek Bio yang berada di Jalan Bhakti No. 14 RT. 004 RW 004 Kelurahan, Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Kelenteng ini sebagai yang paling tua di Propinsi Banten dan salah satunya yang paling tua di Indonesia. Umurnya telah 338 tahun, atau dibuat semenjak tahun 1684, di mana waktu itu Pecinan Benteng berkembang cepat di Tanah Juara.

Kapolda bertandang ke tempat sembahyang umat turunan Tionghoa itu dengan ditemani Kapolres Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, sementara beberapa umat tengah melaksanakan ibadah menyongsong tahun baru Imlek 2023.

Dengan ditemani pengurus klenteng, Kapolda dipertunjukkan dan diterangkan beragam ruangan untuk berdoa umat Tionghoa. Ia juga sempat menegur masyarakat yang tiba untuk berdoa.

Kehadiran Kapolda dan kelompok untuk pastikan perayaan perayaan Imlek ini kali terutamanya di Kota Tangerang, Wilayah Hukum Polres Metro Tangerang Kota jalan damai dan aman.

“Saya ingin pastikan semua vihara, kelenteng dan tempat pemujaan menyongsong Tahun Baru Imlek 2023, terutamanya di Tangerang Kota, jalan dengan aman dan lancar,” kata Fadil.

Kapolda bergerak tinggalkan Vihara Boen Tek Bio sesudah 15 menit lakukan lawatan. Kehadirannya diterima oleh ketua yayasan Romo Rubi Santamoko diteruskan dengan pengujian di tempat tempat peribadatan di Vihara Boen Tek Bio.

“Sama seperti yang Anda saksikan warga di sini guyub dan rukun, Vihara Boen Tek Bio ialah kelenteng paling tua di Tangerang,” tutur Fadil ke beberapa reporter di lokasi.

“Selamat rayakan Tahun Baru Imlek, untuk yang usaha, upayanya semakin maju rezekinya semakin lancar. Untuk yang profesi bekerja pemerintah profesinya semakin maju. Untuk kita persaudaraan sebagai bangsa diperkokoh perkuat,” pungkas Fadil.

Jokowi Katakan Selamat Tahun Baru Imlek
Presiden Joko Widodo atau Jokowi sampaikan Selamat Tahun Baru Imlek 2023 ke warga yang rayakannya. Ia mengharap, tahun kelinci air ini bawa kebahagian dan perkembangan untuk semua.

“Periode ganti, tahun berakhir, dan rintangan bisa berbeda, tapi satu yang selalu harus datang yakni keinginan jika besok semakin lebih berbahagia, sejahtera, dan makin maju. Gong xi fa cai,” catat Jokowi diambil dari account Instagram resminya.

Jokowi mengupload gambar animasi yang berisi situasi perayaan Imlek 2023. Didalamnya berkenaan keluarga yang sedang bergabung dan makan bersama-sama dan mereka menggunakan topi menyimbolkan 12 shio. Ada juga barongsai dan kelinci.

Kelihatan juga beberapa anak yang sedang bermain lato-lato dan kucing warna oranye yang menggunakan baju barongsai tengah memanjat pohon yang berisi jeruk dan angpao.

Gambar yang diupload Jokowi itu diperlengkapi dengan musik ciri khas Imlek.

Wihara Dharma Bakti Petak Sembilan Membuka 24 Jam, Pengunjung Tidak Terbatasi
Wihara Dharma Bakti di kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat ramai dikunjungi pengunjung yang melaksanakan ibadah menyongsong Tahun Baru Imlek 2023.

Wihara Dharma Bakti, terlihat berpijar dengan ornament warna merah. Bukan hanya dipenuhi oleh umat yang melaksanakan ibadah tetapi warga umum yang ingin tahu dengan acara doa masyarakat turunan Tionghoa itu.

Menurut Ketua Yayasan Wihara Dharma Bhakti, Shirley Wijaya, dengan ditariknya peraturan Penerapan Limitasi Kegiatan Warga (PPKM), operasional klenteng yang berdiri di Jakarta semenjak tahun 1650 ini dilaksanakan sepanjang 24 jam.

“Perayaan Tahun Baru Imlek di Wihara Dharma Bhakti Petak Sembilan, akan diadakan dengan optimal sepanjang 24 jam dan jumlah pengunjung tidak terbatasi,” kata Shirley ke mass media di lokasi.

Walau lebih kendur, Shirley memperjelas, pengunjung masih tetap diharuskan mematuhi prosedur kesehatan dan pada kondisi sehat.

“Persyaratan masuk ke Wihara Dharma Bhakti, pada kondisi sehat, menggunakan masker dan jaga keteraturan saat masuk rumah ibadah, dengan masih tetap mengaplikasikan prosedur kesehatan buat menahan penyebaran COVID-19,” katanya.

Check Also

24 KK Tergusur Project Sodetan Kali Ciliwung, Dipindah ke Rusun dengan Pola Sewa

24 KK Tergusur Project Sodetan Kali Ciliwung, Dipindah ke Rusun dengan Pola Sewa Pemerintah provinsi …